Honda CR-V Hidrogen: Debut Balap AS, Spesifikasi Mengesankan!

Honda CR-V Hidrogen: Debut Balap AS, Spesifikasi Mengesankan!
Sumber: Liputan6.com

Honda akan berpartisipasi dalam ajang balap ikonik Broadmoor Pikes Peak International Hill Climb 2025 di Amerika Serikat. Keikutsertaan ini semakin istimewa karena Honda akan menurunkan CR-V e:FCEV, mobil listrik bertenaga hidrogen pertama yang berkompetisi di ajang tersebut. Acura Integra Type S HRC Prototype juga akan menjalani debutnya di lintasan menantang ini.

Partisipasi Honda di Pikes Peak 2025 menandai langkah signifikan dalam pengembangan teknologi kendaraan bertenaga hidrogen. CR-V e:FCEV, dengan teknologi fuel cell-nya, akan menghadapi tantangan 156 tikungan sepanjang 20 kilometer di jalur pegunungan yang ekstrem.

Honda CR-V e:FCEV: Debut di Pikes Peak

Honda CR-V e:FCEV akan berkompetisi di kelas exhibition. Modifikasi yang dilakukan minimal, hanya pada suspensi, rem, dan ban, agar tetap fokus pada performa sistem powertrain.

Suspensi diturunkan satu inci. Rem balap dan ban Yokohama Advan A052 berukuran 265/45R18 disematkan untuk meningkatkan grip dan handling di lintasan yang berliku.

Untuk keamanan dan performa optimal, jok balap dan roll bar khusus terpasang di dalam kabin. Tim Honda of America Race Team (HART) mengerjakan modifikasi ini dengan dukungan dari Honda R&D Japan dan Honda Racing Corporation USA (HRC AS).

Dai Yoshihara, juara Formula Drift dua kali, akan mengemudikan CR-V e:FCEV. Yoshihara merupakan pembalap HRC AS yang berpengalaman dan akan mengandalkan keahliannya di lintasan ekstrem Pikes Peak.

Teknologi Fuel Cell Honda Generasi Kedua

CR-V e:FCEV menggunakan sistem fuel cell generasi kedua dari Honda. Sistem ini diproduksi di fasilitas Fuel Cell System Manufacturing, LLC (FCSM) di Michigan.

Tenaga disuplai oleh motor tunggal di depan. Sistem ini didukung baterai 17,7 kWh dan dua tangki hidrogen bertekanan tinggi.

Merupakan satu-satunya kendaraan penumpang bertenaga fuel cell yang diproduksi di Amerika Serikat. Honda Performance Manufacturing Center (PMC) di Marysville, Ohio menjadi tempat perakitan eksklusifnya.

CR-V e:FCEV menghasilkan tenaga 174 PS dan torsi 229 Nm. Performa akselerasi responsif dan efisiensi tinggi menjadi keunggulannya.

Struktur dan suspensi dioptimalkan untuk pengendalian yang sporty dan stabil. Kombinasi ini diharapkan mampu menaklukkan tantangan Pikes Peak.

Fleksibilitas dan Keunggulan CR-V e:FCEV

CR-V e:FCEV menawarkan fleksibilitas dengan sistem sel bahan bakar hidrogen dan kemampuan pengisian daya plug-in.

Daya baterai memungkinkan kendaraan menempuh jarak hingga 47 kilometer. Jarak tempuh total mencapai 435 kilometer.

Mobil ini saat ini tersedia untuk disewa di California, menawarkan efisiensi, daya tahan, dan biaya lebih rendah dibanding sistem fuel cell generasi sebelumnya.

Keikutsertaan Honda di Pikes Peak 2025 bukan hanya sekadar ajang balap, tetapi juga demonstrasi kapabilitas teknologi fuel cell hidrogen Honda yang semakin maju dan siap untuk masa depan otomotif yang lebih berkelanjutan.

Dengan menggabungkan teknologi canggih dan keahlian pembalap handal, Honda optimis dapat menunjukkan potensi CR-V e:FCEV di ajang bergengsi tersebut. Ini sekaligus menjadi bukti komitmen Honda terhadap inovasi dan teknologi ramah lingkungan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *