Honda akan berpartisipasi dalam ajang balap ikonik Broadmoor Pikes Peak International Hill Climb 2025 di Amerika Serikat. Keikutsertaan ini semakin menarik karena menandai debut CR-V e:FCEV, kendaraan listrik bertenaga hidrogen, sebagai mobil hidrogen pertama yang berkompetisi di ajang tersebut. Selain itu, Acura Integra Type S HRC Prototype juga akan menjalani debutnya di lintasan ekstrim Pikes Peak.
Honda CR-V e:FCEV: Debut di Pikes Peak
Honda CR-V e:FCEV 2025 akan berlaga di kelas exhibition. Mobil ini hadir tanpa modifikasi pada sistem powertrain-nya.
Untuk menaklukkan tantangan 156 tikungan sepanjang 12,42 mil (sekitar 20 km) lintasan Pikes Peak, beberapa modifikasi dilakukan. Modifikasi meliputi penurunan suspensi 1 inci, penggunaan bantalan rem balap, dan ban Yokohama Advan A052 berukuran 265/45R18.
Tim Honda of America Race Team (HART) juga menambahkan jok balap dan roll bar khusus. Desainnya merupakan hasil kolaborasi antara teknisi Honda di HART dan Honda Performance Manufacturing Center (PMC).
Dai Yoshihara, juara Formula Drift dua kali dan pembalap HRC AS, akan mengemudikan CR-V e:FCEV. Ia akan mendapat dukungan teknis dari HART, Honda R&D Japan, dan Honda Racing Corporation USA (HRC AS).
Sistem fuel cell generasi kedua yang digunakan CR-V e:FCEV diproduksi di fasilitas Fuel Cell System Manufacturing, LLC (FCSM) di Michigan. Sistem ini terintegrasi dengan motor tunggal depan, paket baterai 17,7 kWh, dan dua tangki hidrogen bertekanan tinggi.
CR-V e:FCEV dirakit di Honda Performance Manufacturing Center (PMC), Marysville, Ohio. Sebagai satu-satunya kendaraan penumpang bertenaga fuel cell yang diproduksi di AS, mobil ini menjadi bukti komitmen Honda terhadap inovasi teknologi.
Spesifikasi dan Performa CR-V e:FCEV
Honda CR-V e:FCEV menawarkan tenaga 174 PS dan torsi 229 Nm. Mobil ini dirancang sebagai CUV kompak yang menyenangkan dikendarai.
Akselerasi responsif dan efisiensi maksimal menjadi keunggulan mobil ini. Struktur dan suspensi telah dioptimalkan untuk pengendalian yang sporty dan stabil.
Fleksibilitas dan Ketersediaan CR-V e:FCEV
CR-V e:FCEV menggabungkan sistem sel bahan bakar hidrogen dengan kemampuan pengisian daya plug-in. Sistem ini memungkinkan perjalanan hingga 29 mil (sekitar 47 km) hanya dengan daya baterai.
Jarak tempuh total mobil ini mencapai 270 mil (sekitar 435 km). Saat ini, mobil ini tersedia untuk disewa di California, AS.
Dibandingkan dengan sistem fuel cell generasi sebelumnya, CR-V e:FCEV menawarkan efisiensi lebih tinggi, daya tahan yang lebih baik, dan biaya yang lebih rendah. Keunggulan ini menjadikan CR-V e:FCEV sebagai pilihan yang menarik bagi konsumen yang mencari kendaraan ramah lingkungan dengan performa tinggi.
Partisipasi Honda di Pikes Peak 2025 bukan sekadar ajang balap, tetapi juga demonstrasi nyata komitmen perusahaan terhadap teknologi hidrogen dan kendaraan ramah lingkungan. Keberhasilan CR-V e:FCEV di lintasan yang menantang akan semakin memperkuat posisi Honda sebagai pemimpin dalam inovasi otomotif berkelanjutan. Debut Acura Integra Type S HRC Prototype juga menambah daya tarik partisipasi Honda di ajang bergengsi ini.





